Sistem pemerintahan dan perpajakan dalam suatu
negara
v BENUA
ASIA = ARAB SAUDI
v BENUA
EROPA = JERMAN
v BENUA
AMERIKA =
AMERIKA SERIKAT
v BENUA
AFRIKA = KAMERUN
v BENUA
AUSTRALIA = QUEENSLAND
Ø BENUA ASIA
(Arab Saudi)
1.
Sejarah Berdirinya Arab Saudi
Arab Saudi, secara resmi di kenal sebagai Kerajaan
Arab Saudi atau Kingdom of Saudi Arabia(KSA), adalah
sebuah negara Arab di Asia Barat yang
mencakup hampir keseluruhan wilayah Semenanjung Arabia. Dengan luas wilayah kira-kira 2.150.000 km2 (830.000 sq mi),
Arab Saudi secara geografis merupakan negara terbesar ke lima di Asia dan kedua terbesar di Dunia Arab setelah Aljazair. Arab Saudi
berbatasan langsung dengan Yordania dan Irak ke utara, Kuwait ke
timur laut, Qatar, Bahrain, dan Uni Emirat Arab ke
timur, Oman ke
tenggara, dan Yaman ke
selatan. Negara ini terpisah dengan Israel dan Mesiroleh Teluk Aqabah. Negara ini adalah sati-satinya
negara yang memiliki dua pesisir penting, yakni Laut Merah dan Teluk Persia, dan
sebagian besar wilayah Arab Saudi merupakan gurun pasir.
2.
Perekonomian
Arab
saudi merupakan negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di timur tengah dengan
penghasilan rata-rata US$ 53.149 per tahun atau setara dengan Rp 708 juta per
tahun (estimasi kurs 13.333 per dolar AS). Arab Saudi merupakan negara terkaya
di Asia.
Setelah bergabung dengan World Trade Organization pada tahun 2005 dan menjadi anggota pendiri OPEC, Arab Saudi bertahan sebagai salah satu pilar ekonomi dan produksi primer dari produk minyak bumi. Seperti yang diharapkan dari industri yang menguntungkan, negara ini membuat dirinya menjadi negara terkaya di Asia dalam hal Purchasing Power Parity dan PDB.
Setelah bergabung dengan World Trade Organization pada tahun 2005 dan menjadi anggota pendiri OPEC, Arab Saudi bertahan sebagai salah satu pilar ekonomi dan produksi primer dari produk minyak bumi. Seperti yang diharapkan dari industri yang menguntungkan, negara ini membuat dirinya menjadi negara terkaya di Asia dalam hal Purchasing Power Parity dan PDB.
3. Politik
Arab Saudi
menggunakan sistem Kerajaan atau Monarki. Hukum yang digunakan adalah
hukum Syariat Islam
dengan berdasar pada pengamalan ajaran Islam berdasarkan pemahaman salafush
shalih (para sahabat Nabi dan yang mengikuti mereka dengan baik) dan secara
umum bermazhab Hambali. pemahaman ini sebagai pemahaman sahabat Nabi terhadap
Al Qur'an dan Hadits, sehingga sering menyebutnya sebagai pemahaman Salafi.
Memiliki hubungan internasional dengan negara negara lain baik negara negara
Arab, negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam, maupun negara-negara lain.
4. Penduduk dan pembagian wilayah
Keluarga
suku Quraisy yang dikenal sebagai bangsawan dan pemimpin bangsa Arab, turunan
pendiri dan pemelihara bangunan suci Ka'bah, Nabi Ibrahim dan putranya nabi
Ismail, di mana Nabi Muhammad adalah salah satu dari Bani Hasyim Qurays, di
wilayah Hijaz, sekarang merupakan salah satu suku penduduk di Saudi Arabia.
Penduduk Arab Saudi adalah mayoritas berasal dari kalangan bangsa Arab sekalipun
juga terdapat keturunan dari bangsa-bangsa lain serta mayoritas beragama Islam.
Di daerah daerah industri dijumpai penduduk dari negara-negara lain sebagai
kontraktor dan pekerja asing atau ekspatriat
5. Sistem Perpajakan Arab Saudi
Arab
Saudi Pajak
|
Terakhir
|
Sebelum
Ini
|
Tertinggi
|
Paling
Rendah
|
Satuan
|
|
20.00
|
20.00
|
45.00
|
20.00
|
Persen
|
||
0.00
|
0.00
|
0.00
|
0.00
|
Persen
|
||
22.00
|
20.00
|
22.00
|
20.00
|
Persen
|
||
12.00
|
11.00
|
12.00
|
11.00
|
Persen
|
||
10.00
|
9.00
|
10.00
|
9.00
|
Persen
|
||
Nilai saat
ini, data historis, perkiraan, statistik, grafik dan kalender ekonomi - Arab
Saudi - Tarif Pajak Perusahaan.
Pemerintah
Arab Saudi untuk pertama kalinya akan menerapkan pajak untuk warganya. Langkah
ini diambil setelah sumber pemasukan utama Saudi, yaitu minyak, menurun
drastis.
Kantor
berita Arab Saudi, Saudi Press Agency, mengatakan dekrit kerajaan Saudi soal penetapan
pajak pertambahan nilai atau PPN untuk pertama kalinya di negara itu akan
segera dikeluarkan. Dalam pernyataan Senin lalu, pemerintah Saudi akan
menerapkan PPN 5 persen untuk beberapa jenis barang mulai tahun 2018.
Sebenarnya
PPN telah diterapkan di Saudi, namun hanya untuk produk tembakau dan minuman
ringan. Untuk produk lainnya, warga Saudi dan para pendatang di negara itu bisa
membelinya tanpa pajak tambahan.
Keputusan
Saudi ini sesuai dengan rekomendasi IMF untuk menambah pemasukan di sektor
non-minyak.
Menurut IMF,
Saudi pada tahun 1950 sebenarnya telah menetapkan pajak personal, pertambahan
nilai dan perusahaan untuk warga negara dan non-warga negara. Tapi pajak itu
kemudian direvisi enam bulan kemudian dan diterapkan hanya untuk warga asing.
Pada tahun
1975, Saudi akhinya menghapuskan pajak pendapatan bagi warga asing di tengah
tingginya harga minyak demi memancing para ekspatriat untuk membantu membangun
infrastruktur dan perekonomian.
Ekonomi
Saudi mulai merosok sejak harga minyak turun drastis pada tahun 2014, mencapai
di bawah 100 dolar AS per barel. Januari tahun lalu, harga minyak Saudi anjlok
hingga sekitar 29 dolar AS, dan belakangan mulai pulih di angka 55 dolar AS.
Sektor
minyak menyumbang hingga 87 persen dari pemasukan negara, menjadikan Saudi
eksportir minyak terbesar dunia.
Saudi
menyadari ketergantungan mereka akan minyak akan berdampak buruk di masa
mendatang. Untuk itulah kerajaan Saudi menetapkan target tahun 2030 bebas dari
ketergantungan pada minyak.
Berdasarkan
rencana yang diumumkan pada April tahun lalu, Saudi akan meningkatkan pemasukan
di sektor non-minyak hingga enam kali lipat menjadi US$266 miliar pada 2030,
menjual sebagian saham perusahaan minyak nasional Aramco, dan menciptakan dana
publik sebesar US$1,9 triliun untuk investasi di dalam dan luar negeri.
Ø
BENUA
EROPA (Germany)
.
1. Keadaan
Alam
Berdasarkan
letak astronomisnya, Jerman terletak di antara 47° LU-55° LU dan di antara 6°
BT-15° BT. Luas Jerman + 357.050 km2. Batas wilayah Jerman dapat dijelaskan
sebagai beriku:
·
Di sebelah utara Jerman berbatasan denganDenmark dan
Laut Utara.
·
Di sebelah timur Jerman berbatasan dengan Ceko dan
Polandia.
·
Di sebelah selatan Jerman berbatasan dengan Swiss dan
Austria.
·
Di sebelah barat Jerman berbatasan.dengan Negeri
Belanda, Beigia. dan Luxemburg
Jika dilihat
dari reliefnya, wilayah Jerman dapat dibedakan menjadi tiga bagian seperti di
bawah ini.
a.
Dataran
Rendah di Bagian Utara
Kawasan dataran rendah di bagian utara merupakan
daerah endapan kapur dan pasir dari Sungai Ems, Sungai Weser. Sungai Elbe.
Sungai Donau, dan Sungai Havel yang bermuara di Laut Utara dan Teluk Baltik
berupa pasir dangkal dan teluk-teluk kecil
b.
Tanah Tinggi
di Bagian
Tengah Kawasan tanah tinggi di bagian tengah merupakan
kelompok bukit yang tertutup tanah loss. Wilayahnya terdiri atas Dataran Tinggi
Hercynia dengan puncaknya Gunung Brocken. Pegunungan Schwarzwald dengan
puncaknya Gunung Feldberg, dan Pegunungan Thuringen. Di kawasan itu mengalir
Sungai Rhein, Weser, Elbe, dan Werra.
c.
Dataran
Tinggi di Bagian Selatan
Kawasan dataran unsirth di bagian selatan meliputi
Pegunungan Alpen Bavaria dengan puncak Gliraunz. Zw.r.spitze. dan Dataran
Tinggi Bayern. Daerah itu merupakan hulu Sungai Rhein dan Sungai Donau.
2.
Budaya
Negara Jerman mempunyai kebudayaan yang tinggi. Negara
tersebut banyak memiliki ilmuwan, arsitek, penulis. penyair, artis, dan musikus
terkenal dunia. Di samping itu, Jerman memiliki reputasi bagus dalam berbagai
cabang olahraga, seperti tenis dan sepakbola
3.
Sistem ekonomi Jerman
Pemerintah
umum Jerman, yang terdiri dari dana pemerintah pusat dan pemerintah daerah
serta dana jaminan sosial, mencatat pinjaman bersih sebesar € 23,7 miliar pada
akhir 2016, setara dengan 0,8 persen dari PDB, dibandingkan dengan angka awal €
19,2 miliar, atau 0,6 persen dari PDB. Secara absolut, surplus terbesar
tercatat sejak reunifikasi Jerman, karena pendapatan tumbuh menjadi € 1.411,4
miliar, karena kenaikan pajak penghasilan dan pembayaran pajak penghasilan yang
besar (6,5 persen) dan kontribusi sosial (4,6 persen); Sementara pengeluaran
meningkat menjadi € 1.387,7 miliar, didorong oleh kenaikan konsumsi konsumsi
menengah (8,7 persen) dan peningkatan pengeluaran untuk tunjangan sosial
sejenis (6,2 persen). Surplus terbesar pada tahun 2016 dicapai oleh dana
asuransi sosial (€ 8,2 miliar), diikuti oleh pemerintah pusat (€ 7,7 miliar),
pemerintah negara bagian (€ 4,7 miliar) dan pemerintah daerah (€ 3,1 miliar).
Anggaran Pemerintah di Jerman rata-rata -2,09 persen dari PDB dari tahun 1995
sampai 2016, mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebesar 0,90 persen dari
PDB pada tahun 2000 dan rekor rendah -9,40 persen dari PDB pada tahun 1995.
Dari segi
Sumber Daya Alam, Jerman tak banyak memiliki bahan mentah. Di negara tersebut,
hanya lignit dan potas yang tersedia dalam jumlah yang banyak. Untuk pembangkit
listrik, Jerman menggunakan lignit sebagai sumber bahan bakar. Untuk bahan
bakar lainnya, seperti minyak bumi, gas alam, dan sumber daya alam lainnya,
Jerman harus mengimpor dari negara lain.
v Adapun sektor-sektor yang berkontribusi terhadap PDB
Jerman antara lain:
§ Sektor jasa
(70%)
§ Sektor
industri (29,1%)
§ Sektor
pertanian (0,9%).
Untuk produk
industri, Jerman lebih banyak memproduksi produk teknik seperti mobil, mesin,
logam, dan bahan kimia. Jerman juga tercatat sebagai produsen turbin angin dan
teknologi tenaga surya utama dunia.
Berdasarkan
majalah Fortune Global 500, dari 500 perusahan terbesar dunia berdasarkan
penghasilannya, 37 diantaranya bermarkas di Jerman.
v Adapun 10 perusahaan terbesar di Jerman (tahun 2010),
terdiri dari:
§ Volkswagen
§ Allianz
§ E.ON
§ Daimler
§ Siemens
§ Metro
§ Deutsche
Telekom
§ Munich Re
§ BASF
§ BMW.
v Kemudian daftar perusahaan-perusahaan Jerman yang
terkenal di pasar global, seperti:
§ Mercedes Benz
§ BMW
§ Adidas
§ Audi
§ Porsche
§ Volkswagen
§ Bayer
§ BASF
§ Bosch
§ Siemens
§ Lufthansa
§ SAP
§ Nivea dan
lain-lain.
§
Berikut ini
beberapa fakta mengenai 'superioritas' perekonomian Jerman yang cukup disegani
dunia, meliputi:
a.
Sejak era industrialisasi dan kapitalisasi, Jerman
telah menjadi motor dan penggerak ekonomi global.
b.
Jerman adalah pendiri Uni Eropa, G8, G20, serta
menjadi eksportir terbesar dunia di tahun 2003 hingga tahun 2008.
c.
Di tahun 2011, Jerman menjadi eksportir terbesar kedua
dunia dan importir terbesar ketiga dunia. Hasil perdagangannya pun menghasilkan
surplus yang cukup besar, yakni sebesar $189,7 milyar.
d.
Jerman adalah satu-satunya negara yang tidak tergabung
dalam anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang termasuk ke dalam 5 negara
eksportir senjata terbesar di dunia.
e.
Jerman awalnya berada di belakang beberapa
negara-negara pemimpin industri seperti Inggris, Perancis, dan Belgia. Namun,
sejak tahun 1850 Jerman mulai berbenah, hingga di tahun 1900 Jerman sudah bisa
menyamai Inggris dan Amerika Serikat.
4.
SEJARAH PEREKONOMIAN JERMAN
§ Sebelum
reunifikasi: Jerman Barat
Gebrakan
pertama dimulai dari penggantian mata uang Reichsmark menjadi Deutsche Mark,
kemudian diikuti dengan inflasi rendah yang bertahan cukup lama. Hal itu
berbarengan dengan pertumbuhan industri yang sangat bagus, dipimpin oleh
Kanselir Konrad Adenauer dan menteri ekonominya, Ludwig Erhard.
§ Sebelum
reunifikasi: Jerman Timur
Perekonomian
Jerman Timur tak kalah bagus dari Jerman Barat. Di tahun 1976, pertumbuhan PDB
Jerman timur mencapai 5,9%. Di tahun yang sama, total ekspor Jerman Timur
mencapai 30,7 miliar dolar AS -- yang 65%- nya merupakan hasil ekspor ke negara
komunis lainnya. Sebagai tambahan, Jerman Timur memiliki tingkat pengangguran
nol persen.
§ Setelah
reunifikasi Jerman
Di tahun
2011, Jerman tercatat sebagai negara eksportir terbesar kedua dunia, dan
importir terbesar ketiga dunia.
Sebelumnya,
di era 2000-an perekonomian Jerman sempat mengalami stagnasi. Kala itu,
pertumbuhan tahunan terburuk terjadi di tahun 2003, yakni sebesar 1,0%,
selanjutnya di tahun 2002 dan 2005 masing-masing sebesar 1,4%.
5.
Sistem perpajakan jerman
Setiap negara memiliki prinsip
tersendiri perpajakan yang pada dasarnya aturan.Sistem pajak di Jerman dalam
hal ini, menurut beberapa ahli, adalah "kemanusiaan." Paling masuk
akal dan
Perlu dicatat bahwa dalam teks ini
hanya menetapkan prinsip-prinsip dasar dari sistem pajak, serta jenis utama
dari pajak.Formula dan perhitungan faktor kompleks dikenai studi skala
besar.Tujuan kami - untuk mendapatkan ide umum.
sistem perpajakan modern berasal
dari Jerman setelah Perang Dunia II di wilayah Republik Federal Jerman, dan
sekarang ada hampir tidak berubah, kecuali untuk sejumlah perubahan yang telah
dibuat di dalamnya untuk memenuhi persyaratan dari realita yang ada.
Seperti dapat dibaca di sebagian
besar sumber, dasar-dasar sistem diletakkan pada akhir 40-ies dari abad
terakhir, Ludwig Erhard.Dialah yang mengumumkan prinsip-prinsip dasar yang
harus membimbing (dan dipandu), sistem pajak di Jerman.Jika Anda tidak pergi ke
istilah tertentu ekonomi dan lainnya, mereka adalah sebagai berikut:
- Setiap
pajak di Jerman, serta sarana yang diperlukan untuk koleksi bertanggung
jumlah dari jumlah yang diminimalkan.Jumlah pajak, pada saat yang sama
harus sesuai dengan nilai layanan yang diberikan oleh negara untuk
warganya.
- Pajak
harus bertujuan distribusi proporsional dari keuntungan, tidak dapat
mencegah persaingan yang adil.Sistem
- perpajakan
harus mengecualikan pajak berganda dan memenuhi kebijakan struktural.
- Perpajakan
harus memperhitungkan kepentingan kehidupan pribadi warga.
Apa pajak
Jerman di bidang perpajakan
difokuskan pada sejumlah biaya yang dapat dibagi:
- Direction
- pajak federal, kota, negara dan kolektif.Sebuah tempat khusus dalam
kategori ini mengambil pajak gereja.Pajak
- Properti
- pada pendapatan (income untuk gaji dan perputaran modal), korporasi,
komersial dan gereja, serta biaya tambahan solidaritas.
- Pajak
atas properti - kepemilikan properti di tanah, warisan, komersial dan
gereja.
- pemotongan
pajak Komoditi-uang - PPN pada mobil, perlindungan kebakaran, pembelian
tanah, dengan rumah judi dan jenis-jenis fasilitas hiburan, lotere dan
balap kuda, asuransi.Tugas
- Bea dan
pajak atas barang-barang konsumen - untuk impor dan ekspor barang,
sejumlah minuman beralkohol, produk setengah jadi, minyak mineral,
kopi.Sistem perpajakan
di Jerman untuk pajak warganya di
hampir semua sektor kehidupan.Sebagai data dalam berbagai lembaga analitis,
pangsa pendapatan pajak dalam negeri berkisar 80-89% (angka dicampur, karena cara
yang berbeda dari estimasi parameter).Untuk mengatakan bahwa sistem ini adalah
sempurna, atau, sebaliknya, memiliki sejumlah kekurangan, berhak hanya untuk
warga negara dan orang-orang yang ahli di bidang ini.
Ø BENUA AMERIKA (Amerika
Serikat)
1.
Bentuk
pemerintahan Amerika Serikat
Amerika Serikat
disingkat dengan AS (bahasa
Inggris: United States of America/U.S.A. disingkat United
States/US), atau secara umum dikenal dengan Amerika saja adalah
sebuah negara republik konstitusional federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik
federal. Negara ini terletak di bagian
tengah Amerika Utara, yang menjadi lokasi dari empat puluh delapan negara bagian
yang saling bersebelahan, beserta distrik ibu kota Washington,
D.C.. Amerika Serikat diapit oleh Samudra
Pasifik dan Atlantik di sebelah barat dan timur, berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, dan Meksiko di sebelah selatan. Dua negara bagian lainnya,
yaitu Alaska dan Hawaii, terletak terpisah dari dataran utama Amerika Serikat.
Negara bagian Alaska terletak di sebelah ujung barat laut Amerika Utara,
berbatasan dengan Kanada di sebelah timur dan Rusia di sebelah barat, yang dipisahkan oleh Selat
Bering. Sedangkan negara bagian Hawaii
adalah sebuah kepulauan yang berlokasi di Samudra Pasifik. Amerika Serikat juga
memiliki beberapa teritori di Pasifik dan Karibia. Dengan luas wilayah 3,79 juta mil persegi
(9,83 juta km2) dan jumlah penduduk sebanyak 315 juta jiwa,
Amerika Serikat merupakan negara terluas
ketiga atau keempat di dunia,
dan terbesar ketiga
menurut jumlah penduduk. Amerika Serikat
adalah salah satu negara yang paling multietnik dan paling multikultural di
dunia, yang muncul akibat adanya imigrasi besar-besaran dari berbagai penjuru dunia. Iklim dan geografi Amerika Serikat juga sangat beragam dan negara ini menjadi tempat
tinggal bagi beragam spesies.
2. Sistem Perpajakan Amerika Serikat
Amerika
Serikat adalah sebuah republik federal dengan pemerintah negara bagian dan
lokalotonom. Pajakyang dikenakan di Amerika Serikat pada masing-masing tingkat. Ini termasuk pajak atas
penghasilan, properti, penjualan, impor, penggajian, perkebunan dan hadiah,
sertaberbagai biaya. Pajak yang dikenakan atas penghasilan bersih individu dan
korporasi oleh negara, federal paling,dan beberapa pemerintah daerah. Penduduk
adalah pajak atas penghasilan di seluruh dunia dan diperbolehkan suatu kredit
pajak asing. Penghasilan kena pajak ditentukan berdasarkan peraturan pajak,
bukan prinsip-prinsip akuntansi, dan mencakup hampir semua pendapatan dari
sumberapapun.
Pengeluaran
bisnis yang paling mengurangi penghasilan kena pajak, meskipun batas berlaku
untuk beberapa pengeluaran. Individu diizinkan untuk mengurangi penghasilan
kena pajak oleh tunjangan pribadi dan pengeluaran non-bisnis tertentu, termasuk
pajak bunga hipotek rumah, negara bagian dan lokal, sumbangan amal, dan
biaya lainnya yang dikeluarkan medis dantertentu di atas persentase tertentu
dari pendapatan. Negara aturan untuk menentukanpenghasilan kena pajak
seringkali berbeda dari peraturan federal. Tarif pajak federal bervariasidari
15% sampai 35% dari penghasilan kena pajak.
Negara
bagian dan lokal tarif pajak bervariasioleh yurisdiksi, dan banyak yang lulus.
Pajak negara umumnya diperlakukan sebagai biayadikurangkan untuk perhitungan
pajak federal. Pajak alternatif tertentu mungkin berlaku.Pajak gaji yang
dikenakan oleh federal dan semua pemerintah negara. Ini termasuk JaminanSosial
dan Medicare pajak yang dikenakan pada kedua majikan dan karyawan, pada
tingkatgabungan dari 15,3% (13,3% untuk 2011). Pajak Jaminan Sosial hanya
berlaku untuk pertama $106.800 dari upah pada 2009 sampai 2011. Pengusaha juga
harus memotong pajak pendapatan upah.
Pajak
pengangguran dan pungutan lainnya tertentu berlaku.Pajak properti yang
dikenakan oleh kebanyakan pemerintah daerah dan banyak otoritas tujuankhusus
berdasarkan nilai pasar wajar properti. Sekolah dan pihak berwenang lainnya
seringsecara terpisah diatur, dan memaksakan pajak yang terpisah. Pajak
properti umumnya dikenakanhanya pada perumahan, meskipun beberapa pajak
yurisdiksi beberapa bentuk bisnis properti.Peraturan pajak properti dan tarif
sangat bervariasi.Pajak penjualan dikenakan pada harga pada penjualan eceran
berbagai barang dan beberapalayanan oleh sebagian besar negara dan beberapa
daerah. Penjualan tarif pajak bervariasi antaryurisdiksi, dari 0% sampai 16%,
dan dapat bervariasi dalam suatu yurisdiksi yang didasarkan
pada
barang tertentu atau jasa dikenakan pajak. Pajak penjualan dikumpulkan oleh
penjual padasaat penjualan, atau dikirimkan sebagai pajak digunakan oleh
pembeli barang kena pajak yangtidak membayar pajak penjualan.Amerika Serikat
mengenakan tarif atau bea masuk atas impor berbagai jenis barang dari
banyak yurisdiksi. Pajak ini harus dibayar sebelum barang
dapat diimpor secara sah. Tarif tugasbervariasi dari 0% menjadi lebih dari
20%, berdasarkan barang-barang tertentu dan negara asal
Ø AFRIKA (Kamerun)
1) Republik Kamerun
Kamerun adalah
sebuah republik kesatuan di Afrika tengah,
dan barat. Ia berbatasan dengan Nigeria di
barat, Chad di
timur laut, Republik Afrika Tengah di timur, dan Republik Kongo, Gabon, dan Guinea Khatulistiwa di selatan. Pantai Kamerun terletak di Teluk Bonny, bagian
dari Teluk Guinea, dan Samudera Atlantik. Negara ini
disebut "Afrika dalam miniatur"
karena banyaknya ragam geologi, dan budayanya. Daerahnya memiliki pantai,
gurun, gunung, hutan hujan, dan savana. Titik tertinggi adalah Gunung Kamerun di barat daya, dan kota-kota
terbesar adalah Douala, Yaoundé, dan Garoua. Kamerun
memiliki lebih dari 200 kelompok etnis, dan bahasa. Negara ini juga dikenal
dengan gaya musiknya yang khas, terutama makossa, dan bikutsi, dan dengan tim nasional sepak bolanya. Bahasa
Inggris, dan Perancis adalah bahasa resmi.
Penduduk
awal daerah ini adalah kebudayaan Sao di sekitar danau Chad, dan suku Baka di
tenggara. Penjelajah Portugis mencapai pantainya pada abad ke-15, dan menamai
daerah ini Rio dos Camarões ("Sungai Udang"), dan
dari sini muncul nama "Kamerun". Tentara suku Fula mendirikan Emirat Adamawa di utara pada abad ke-19, dan
berbagai kelompok etnis di barat, dan barat laut mendirikan chiefdom, dan fondom. Kamerun
menjadi koloni Kekaisaran Jerman pada
1884. Setelah Perang Dunia I, daerah ini dibagi antara Perancis, dan Britania sebagai mandat Liga Bangsa-Bangsa. Partai politik Union des Populations du Camerounmemperjuangkan
kemerdekaan namun dilarang pada tahun 1950-an. Partai ini memerangi Perancis
sampai 1971. Pada 1960, Kamerun Perancis merdeka
sebagai Republik Kamerun dengan presiden Ahmadou Ahidjo. Bagian selatan dari Kamerun Britaniabergabung
pada 1961 untuk membentuk Republik Federasi Kamerun. Negara ini kemudian
dinamai Republik Kesatuan Kamerun pada 1972, dan Republik Kamerun pada
1984.
Dibandingkan
dengan negara-negara Afrika lain, Kamerun relatif stabil. Hal ini memungkinkan
perkembangan cocok tanam, jalan, kereta api, dan industri minyak bumi, dan
kayu. Namun banyak warga Kamerun tinggal dalam kemiskinan sebagai petani.
Kekuasaan dipegang oleh presiden Paul Biya, dan
partainya Cameroon People's Democratic Movement, dan korupsi membudaya.
Komunitas Anglophone merasa semakin terasing dari
pemerintah, dan politisi Anglophone menyerukan desentralisasi atau bahkan
pemisahan diri.
Joseph
Merrick adalah seorang misionaris Baptis dari Jamaika yang mendirikan sebuah
gereja di antara suku Isubu
Daerah yang
sekarang dikenal sebagai Kamerun pertama dihuni dalam zaman Neolitikum. Penduduk
terlama adalah kelompok-kelompok Pygmy seperti suku Baka.[3] Kebudayaan Saomuncul di dekat danau Chad sekitar
500 M, dan digantikan oleh kerajaan Kanem, dan kemudian kerajaan Bornu. Berbagai kerajaan, fondom, dan
chiefdom juga muncul di barat.
Pelaut dari
Portugal mencapai pantai Kamerun pada 1472. Mereka melihat kelimpahan udang,
dan kepiting di sungai Wouri, dan menamainya Rio dos Camarões (sungai
udang), dan dari kata ini kemudian diturunkan "Kamerun". Setelah itu,
pedagang, dan misionaris Eropa datang ke Kamerun, dan masuk ke pedalaman. Pada
awal abad ke-19, Modibo Adama memimpin tentara suku Fula dalam jihad di utara melawan orang-orang
non-Muslim, dan mendirikan Emirat Adamawa. Orang-orang yang melarikan diri
dari tentara Fulani ini kemudian menetap di berbagai daerah.[4]
Kekaisaran Jerman menjajah Kamerun mulai 1884, dan masuk ke
pedalaman. Mereka memulai proyek untuk memperbaiki infrastruktur dengan
sistem perbudakan.[5] Dengan
kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II, Kamerun
menjadi daerah mandat Liga Bangsa-Bangsa, dan dibagi menjadi daerah Perancis Cameroun,
dan daerah Britania Cameroons pada 1919. Perancis kemudian
menggabungkan ekonomi Cameroun dengan ekonomi Perancis[6], dan
memperbaiki infrastruktur dengan penanaman modal, pekerja terampil, dan
perbudakan.[5] Britania
memerintah daerah mereka dari negara tetangga Nigeria. Hal ini
menyebabkan Kamerun menjadi "koloni dari koloni" yang terabaikan.
Tenaga kerja migran Nigeria masuk ke Cameroons selatan, mengakhiri perbudakan
tetapi juga membuat penduduk asli marah.[7] Mandat
Liga Bangsa-Bangsa diubah menjadi United Nations Trusteeships pada
1946, dan masalah kemerdekaan mulai muncul di Cameroun.[6] Perancis
melarang partai politik paling radikal, Union des Populations du Cameroun (UPC),
pada 13 Juli 1955. Hal ini menyebabkan perang gerilya
panjang, dan pembunuhan pemimpin partai ini, Ruben Um Nyobé.[8] Di
Cameroons diperdebatkan antara bergabung dengan Cameroun atau Nigeria.
Ahmadou Ahidjo tiba di Washington, D.C., Juli 1982
Pada 1 Januari 1960, Cameroun mendapat kemerdekaan dari
Perancis di bawah presiden Ahmadou Ahidjo, dan
pada 1 Oktober1961, Southern Cameroons bergabung dengan tetangganya untuk membentuk
Republik Federasi Kamerun. Ahidjo menggunakan perang melawan UPC, dan
kekhawatiran akan perang etnis untuk menggalang kekuasaan presiden, bahkan
setelah UPC dikalahkan pada 1971.[8] Partai
politiknya, Cameroon National Union (CNU),
menjadi satu-satunya partai politik pada 1 September 1966, dan pada 1972, sistem
pemerintahan federasi diubah
menjadi United Republic of Cameroon (Republik Kesatuan Kamerun), dengan
ibukota Yaoundé.[9] Ahidjo
memilih kebijakan ekonomi planned liberalism, mengutamakan cash crops, dan minyak bumi. Pemerintah
menggunakan uang dari minyak untuk menciptakan persediaan uang nasional,
membayar petani, dan membiayai proyek-proyek pembangunan besar; namun banyak
proyek gagal karena Ahidjo melakukan nepotisme dengan
menunjuk teman-temannya walaupun mereka tidak kompeten.[10]
Ahidjo
mengundurkan diri pada 4 November 1982, dan menunjuk penerusnya, Paul Biya. Namun
Ahidjo tetap mengendalikan CNU, dan mencoba untuk memerintah negara dari
belakang tirai sampai Biya, dan sekutu-sekutunya mendesak Ahidjo untuk mundur.
Biya memulai masa pemerintahannya dengan bergerak ke arah demokrasi, namun
sebuah usaha kudeta mengembalikan
gaya pemerintahannya ke pendahulunya.[11] Sebuah krisis ekonomi terjadi pada pertengahan
1980-an sampai akhir 1990-an karena keadaan ekonomi dunia, kekeringan, harga
minyak bumi yang jatuh, korupsi,
mismanagement, dan kolusi. Kamerun
meminta bantuan asing, memotong pengeluaran negara, dan memprivatisasi
industri. Dengan dimulainya politik multipartai pada Desember 1990,
kelompok-kelompok Anglophone menuntut otonomi yang lebih
besar, dan sebagian menuntut kemerdekaan sebagai Republik Ambazonia.[12]
3) Politik dan Pemerintahan
Presiden Kamerun adalah kepala negara, dan memiliki kekuasaan
yang luas untuk menciptakan kebijakan, mengatur badan-badan pemerintah,
mengepalai angkatan bersenjata, membicarakan, dan mengesahkan perjanjian, dan
menyatakan keadaan darurat.[13] Presiden
menunjuk pejabat-pejabat negara di semua tingkat, mulai dari perdana menteri (kepala pemerintahan) sampai gubernur provinsi,
pejabat divisi, dan anggota lembaga perwakilan kota-kota besar. Presiden
dipilih secara langsung setiap tujuh tahun. Di kota-kota kecil, penduduk
memilih wali kota. Korupsi tersebar di semua tingkat pemerintahan. Pada 1997,
Kamerun mendirikan kantor-kantor anti korupsi di 29 kementrian, tetapi hanya
25% yang bekerja,[14], dan pada
2006, Transparency International menempatkan Kamerun di posisi
138 dari 163 negara.[15] Pada 18 Januari 2006, Biya memulai gerakan anti korupsi
di bawah pengawasan National Anti-Corruption Observatory.[14]
Sistem hukum
Kamerun didasarkan pada hukum di Perancis dengan
pengaruh common law.[16] Walaupun
independen, lembaga yudikatif berada di bawah lembaga eksekutif Departemen Kehakiman.[17] Presiden
menunjuk hakim di semua tingkat pemerintahan. Lembaga yudikatif dibagi menjadi
tribunal, Pengadilan Banding, dan Mahkamah Agung. Majelis Nasional memilih anggota Pengadilan Tinggi yang mengadili pejabat-pejabat tinggi negara
bila mereka dituduh membahayakan keamanan nasional.
Berbagai
organisasi hak asasi manusia menuduh polisi, dan militer menyiksa tersangka
kriminal, etnis minoritas, kaum homoseksual, dan aktivis politik.[18] Penjara
diisi terlalu penuh, dan kekurangan makanan, dan fasilitas medis,[19][20], dan
penjara yang dikepalai oleh pemimpin tradisional di utara dituduh menahan lawan
politik karena desakan pemerintah.[21] Namun,
sejak awal tahun 2000-an, banyak polisi telah dihukum karena pelanggaran hukum.[20]
Majelis Nasional membuat hukum. Badan ini terdiri dari 180
anggota yang dipilih untuk masa jabatan 5 tahun, dan bersidang 3 kali setahun.
Hukum disahkan oleh pemungutan suara mayoritas. Badan ini jarang menolak hukum
yang diusulkan oleh presiden.[17] Konstitusi
1996 mendirikan parlemen majelis rendah, yaitu Senat yang beranggotakan 100
orang. Namun lembaga ini belum pernah digunakan.[16]Pemerintah
mengakui kekuasaan pemimpin tradisional, fon, dan lamibe untuk
memerintah di tingkat lokal, dan untuk menyelesaikan persengketaan sepanjang
keputusan mereka tidak berlawanan dengan hukum nasional.[22]
Partai
Presiden Paul Biya, Cameroon People's Democratic Movement (CPDM)
adalah satu-satunya partai politik yang sah sampai Desember 1990. Berbagai
partai politik etnis, dan agama telah muncul sejak saat itu. Oposisi utama
adalah Social Democratic Front (SDF), didukung sebagian besar
oleh daerah Anglophone, dan dipimpin oleh John Fru Ndi.[23] Biya,
dan partainya telah mengendalikan kepresidenan, dan Majelis Nasional dalam
pemilu-pemilu nasional, tetapi lawan-lawan politiknya menuduh bahwa hal ini
tidak adil.[12] Berbagai
organisasi HAM menuduh pemerintah menekan kebebasan kelompok oposisi dengan
mencegah demonstrasi, membubarkan pertemuan, dan menangkap para pemimpin, dan
wartawan oposisi.[21][24] Freedom House memberi
Kamerun peringkat "not free" dalam hal hak politik, dan kebebasan
sipil.[25] Pemilu parlemen terakhir diadakan pada 22 Juli 2007.[26]
Kamerun
adalah anggota Commonwealth of Nations, dan La Francophonie. Hubungan luar negeri mereka mengikuti sekutu terdekat mereka, Perancis.[27] Negara
ini juga sangat bergantung pada Perancis dalam hal pertahanan,[17] walaupun
pengeluaran militer tinggi dibandingkan dengan sektor pemerintahan lain.[28] Biya
telah berselisih dengan pemerintah Nigeria dalam
hal kepemilikan semenanjung Bakassi, dan dengan
presiden Gabon El Hadj Omar Bongo mengenai
urusan pribadi.[23] Walaupun
demikian, perang saudara adalah ancaman utama dalam negeri, karena ketegangan
antara kaum Kristen, dan Muslim, dan antara kaum Anglophones, dan Francophones.[29]
4) Provinsi
Kamerun
terbagi kepada 10 provinsi:
Ø BENUA AUSTRALIA
(Queensland)
1)
Queensland
Queensland (nama
alternatif: Quenslandia) yaitu negara bagian terbesar kedua di Australia setelah Australia Barat, dan
menempati daerah timur laut di benua ini. Negara bagian ini berbatasan
dengan Northern Territory di bagian barat, Australia Selatan di
bagian barat daya dan New South Wales di
bagian selatan. Di bagian timur, Queensland berbatasan dengan Laut Koral dan Laut Pasifik. Negara bagian ini adalah negara
bagian terpadat pendudknya ketiga setelah New South Wales dan Victoria. Beribukota di Brisbane, negara
bagian ini memiliki luas wilayah daratan 1.730.648 km² dan populasi
4.000.000 jiwa (2005).
2)
Sejarah Negara Queensland
Pada tahun
1823 John Oxley di tugaskan oleh gubernur New South Wales melakukan
penyelidikan kearah utara. Oxley berhasil menemukan daerah di Moreton Bay, di
mulut sungai Brisbane. Selanjutnya pada tahun 1824 di daerah ini di buka
pemukiman, lalu di sebut distrik Moreton Bay. Koloni dibuat dengan maksud untuk
menempatkan narapidana terpisah dari penduduk bebas (free settlers) dan free
settlers tidak diperkenankan memasuki daerah itu. Narapidana memang cocok di
tempatkan di daerah ini karena di sana narapidana sulit melarikan diri. Hal ini
disebabkan karena sekitar daerah ini hanya ada hutan dan semak belukar yang
tebal sehingga apabila melarikan diri maka mereka harus memilih hidup kelaparan
atau hidup dengan penduduk asli.
Narapidana
ini dipekerjakan untuk mempersiapkan tanah yang akan diolah oleh free settlers
kemudian. Tetapi rencana ini tidak berhasil karena ketika perasaan anti
“convict system” tumbuh di Australia. Sehingga tempat yang khusus untuk
narapidana ini di tinggalkan dan terbuka untuk umum.
Pada tahun
1827 seorang ahli botani dan penjelajah yang bernama Allan Cunningham membuka
distrik di Daring Downs sebelah barat Brisbane di seberang Great Deviding
Range. Daerah ini sangat cocok sekali untuk pengembangan perternakan biri-biri,
sehingga peternak biri-biri berusaha mendapatkan ijin dan pinjaman tanah dari
pemerintah New South Wales. Kemudian daerah ini semakain meluas ke utara dan ke
barat. Sedangkan distrik Moreton Bay berkembang sangat lambat. Sampai
tahun 1846 dalam wilayah sejauh 60 mill dari Brisbane penduduknya hanya
terdapat 1.600 orang. Sehingga untuk mempercepat perkembangan daerah ini Dr.
Lang seorang pendeta dari Sydney berusaha membawa 600 orang imigran dari
Scotlandia ke daerah itu. Pada tahun 1851 jumlah penduduk di sana mencapai
9.000 orang. Dalam perkembangannya para peternak, petani dan penduduk kota di
distrik utara mulai memikirkan pemerintahan sendiri lepas dari New South Wales.
Mereka ingin membentuk daerah yang ditata sendiri sesuai dengan aspirasi dan
kepentingan mereka sendiri .
3)
Letak Astronomis dan Letak Geografis
Queensland
berbatasan dengan Selat Torres di sebelah utara, dengan Boigu Pulau di lepas
pantai New Guinea mewakili ekstrim utara mutlak wilayahnya. Segitiga Cape York
Peninsula, yang mengarah ke New Guinea adalah bagian paling utara daratan
negara. Barat ujung semenanjung, Queensland utara berbatasan dengan Teluk
Carpentaria, sedangkan Coral Sea-lengan Pasifik laut-berbatasan Queensland di
timur. Di sebelah barat, Queensland berbatasan dengan Northern Territory, pada
138 ° bujur timur, dan ke barat daya dengan sudut timur laut Australia.
Di selatan,
ada tiga bagian yang terdiri dari perbatasan: DAS dari Point Danger ke Sungai
Dumaresq; bagian sungai yang melibatkan Dumaresq, yang Macintyre dan Barwon;
dan 29 ° lintang selatan (termasuk beberapa gangguan-gangguan sejarah
kecil di bawah paralel ke-29) ke perbatasan Australia Selatan.
Ibukota
negara adalah Brisbane, yang terletak di pantai 100 kilometer (60 mil) melalui
jalan darat utara dari perbatasan New South Wales. Negara ini dibagi menjadi
beberapa wilayah yang diakui secara resmi. Wilayah geografis yang lebih kecil
lainnya dari catatan termasuk Atherton, sabuk granit, dan Channel Negara di
barat daya jauh.
Queensland
memiliki banyak tempat keindahan alam, termasuk: Sunshine Coast dan Gold Coast
memiliki beberapa pantai yang paling populer negara; Pegunungan Bunya dan Great
Dividing Range dengan berbagai pengintai, air terjun dan daerah piknik;
Carnarvon Gorge;
Kepulauan
Whitsunday dan Hinchinbrook Island. Negara berisi enam Warisan Dunia area
pelestarian terdaftar: Tempat Fosil Mamalia Australia di Riversleigh di Teluk
Negara, Gondwana Hutan Hujan Australia, Fraser Island, Great Barrier Reef,
Lamington National Park dan Wet Tropics of Queensland.
4)
Iklim
Karena
ukurannya, terdapat variasi yang signifikan dalam iklim di seluruh negara
bagian. Rendahnya curah hujan dan musim panas khas untuk pedalaman barat,
sebuah musiman 'basah' musim dalam, dan hangat subtropis utara
kondisi jauh di sepanjang jalur pantai. Pedalaman dan dalam rentang
selatan suhu minimum rendah berpengalaman. Iklim di jalur pantai dipengaruhi
oleh air laut yang hangat, menjaga wilayah bebas dari ekstrem suhu dan
kelembaban menyediakan untuk curah hujan.
·
Ada lima
mendominasi zona iklim di Queensland, berdasarkan suhu dan kelembaban:
1)
panas lembab musim panas (jauh di utara dan pesisir)
2)
lembab hangat musim panas (pedalaman ditinggikan
pantai dan pesisir selatan-timur)
3)
panas kering musim panas, musim dingin yang sejuk
(barat pusat)
4)
panas kering musim panas, musim dingin (barat selatan)
5)
sedang - hangat musim panas, musim dingin (perairan
selatan-timur, misalnya Granit Belt
5)
Kondisi Kependudukan
Negara bagian ini adalah negara bagian terpadat pendudknya ketiga setelah
New South Wales dan Victoria. Beribukota di Brisbane, negara bagian
ini memiliki luas wilayah daratan 1.730.648 km² dan populasi 4.000.000 jiwa (2005). Kawasan itu pertama diduduki
oleh Pribumi
Australia dan Torres
Strait Islanders , yang tiba antara 40.000 dan 65.000 tahun lalu, menurut
berbagai metode penanggalan.
Katolik
adalah agama terbesar di banyak daerah. Cenderung dominan di daerah kelas
pekerja yang
lebih tua
dari kota-kota, terutama di mana daerah-daerah belum pergi terlalu jauh jalan
gentrifikasi, dan di mana ada konsentrasi imigran tua, terutama Italia. Di
tingkat negara, NSW (27,0%) dan Victoria (26,6%) memiliki persentase tertinggi
umat Katolik
6)
Kondisi Perekonomian
Perekonomian
Queensland adalah salah satu perekonomian yang paling cepat berkembang di
Australia, dengan pertumbuhan melampaui bahwa dari ekonomi Australia yang lebih
luas dalam setiap tahun keuangan antara 1995-1996 dan 2007-08. Pada tahun
2009, krisis keuangan global melambat pertumbuhan ekonomi di Queensland sebuah
penurunan di bidang pariwisata, rendah pembangunan perumahan dimulai dan
pembatalan sejumlah proyek pertambangan menghambat pertumbuhan ekonomi
Queensland angka.. negara rendah pertumbuhan 0,2% pada 2010-11 adalah karena
dampak luas banjir dan Topan Yasi yang mempengaruhi produksi pertanian dan
ekspor komoditas, khususnya batu bara.
Queensland
dihasilkan 19,5% dari produk domestik bruto Australia pada tahun keuangan
2008-09. Perekonomian terutama dibangun di atas pertambangan, pertanian,
pariwisata dan jasa keuangan. Ekspor utama Queensland adalah batubara, logam,
daging dan gula.
Australia
Barat dan Queensland sering disebut sebagai "negara sumber daya"
karena ekonomi mereka saat ini tergantung pada ekspor sumber daya seperti batu
bara, bijih besi dan gas alam. Namun, dari dua negara, Queensland memiliki
basis yang lebih beragam. Pada tahun 2006, ekspor dari Queensland mencapai A$49
miliar. Pada tahun 2009 angka ini telah berkembang menjadi A$65.5 miliar.
7)
Pariwisata Queensland
·
The Great Barrier Reef
The Great Barrier Reef adalah sistem terumbu karang
terbesar di dunia yang terdiri dari lebih dari 2.900 terumbu individu dan 900
pulau-pulau peregangan selama lebih dari 2.300 kilometer (1.400 mil) di atas
lahan seluas kurang lebih 344.400 kilometer persegi (133.000 sq mi ). Karang
ini terletak di Laut Koral, lepas pantai Queensland, Australia.
The Great Barrier Reef dapat dilihat dari luar angkasa
dan struktur tunggal terbesar di dunia yang dibuat oleh organisme hidup.
Struktur terumbu karang ini terdiri dari dan dibangun oleh milyaran organisme
kecil, dikenal sebagai polip karang. Mendukung keanekaragaman kehidupan dan
terpilih sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1981. CNN berlabel salah satu
dari tujuh keajaiban alam dunia. The Queensland National Trust menamakannya
ikon negara Bagian Queensland.
Sebagian besar terumbu dilindungi oleh Barrier Reef Marine Park besar, yang
membantu untuk membatasi dampak penggunaan manusia, seperti perikanan dan
pariwisata. Tekanan lingkungan lainnya di karang dan ekosistemnya termasuk
limpasan, perubahan iklim disertai dengan pemutihan karang massal, dan wabah
populasi siklik dari mahkota-of-duri bintang laut. Menurut sebuah penelitian
yang diterbitkan pada bulan Oktober 2012 oleh Prosiding National Academy of
Sciences, karang telah kehilangan lebih dari setengah tutupan karang sejak
tahun 1985.
The Great
Barrier Reef telah lama dikenal dan digunakan oleh orang-orang Australia dan
Torres Strait Islander Aborigin, dan merupakan bagian penting dari budaya dan
spiritualitas kelompok-kelompok lokal '. Karang adalah tujuan yang sangat
populer bagi wisatawan, terutama di daerah Kepulauan Whitsunday dan Cairns.
Pariwisata merupakan kegiatan ekonomi yang penting bagi daerah, menghasilkan
lebih dari $ 3 miliar per tahun
·
Gold Coast
Gold Coast
Queensland selalu identik dengan aksi dan penuh dengan petualangan.
Satu-satunya taman bermain untuk liburan yang paling populer di Australia. Gold
Coast adalah sebuah tujuan resor utama yang dapat ditempuh hanya dengan satu
jam perjalanan ke selatan Brisbane. Gold Coast terletak diantara garis pantai
Pacific sepanjang 25 mil dan “pedalaman” hutan hujan sub-tropis, taman
nasional, pondok-pondok di pegunungan dan “Koala Corridor”, salah satu tempat
terbaik di Australia untuk melihat koala liar.
·
Outback Queensland
The Outback
adalah luas, terpencil, daerah kering Australia. Istilah "pedalaman"
umumnya digunakan untuk merujuk pada lokasi yang relatif lebih jauh daripada
daerah-daerah yang bernama "semak" yang, bahasa sehari-hari, dapat
merujuk pada setiap lahan di luar kawasan perkotaan utama.
Outback
Queensland mencakup wilayah daratan yang panas dan terik yang sangat luas di
pusat Australia. Daerah ini sering disebut sebagai jantung dan jiwa dari
Australia. Wilayah yang luas dan merah ini adalah bagian tertua dari kerak
bumi.
7) Sistem pemerintahan Australia
Sistem
pemerintahan Australia dibangun di atas tradisi demokrasi liberal. Berdasarkan
nilai-nilai toleransi beragama, kebebasan berbicara dan berserikat, dan
supremasi hukum, lembaga-lembaga Australia dan praktik-praktik pemerintahannya
mencerminkan model Inggris dan Amerika Utara. Pada saat yang sama, mereka khas
Australia.
Pemerintah yang bertanggungjawab
Salah satu
demokrasi yang tertua dan lestari di dunia, Persemakmuran Australia didirikan
pada 1901 ketika bekas koloni Inggris ini – kini enam negara bagian – sepakat
untuk menjadi federasi. Praktik dan prinsip demokrasi yang membentuk parlemen
kolonial pra-federasi (seperti ‘satu orang, satu suara’ dan hak pilih wanita)
diberlakukan oleh pemerintah federal Australia yang pertama.
Koloni Australia mewarisi tradisi pemilu dari Inggris yang mencakup hak pilih terbatas dan pemungutan suara umum dan ganda. Pelanggaran seperti suap dan intimidasi pemilih mendorong perubahan pemilihan umum. Australia mempelopori reformasi yang menopang praktik pemilu demokrasi modern.
Pada 1855, Victoria memperkenalkan pemilihan umum secara rahasia, yang menjadi terkenal di seluruh dunia sebagai ‘pemilu Australia’. Pada 1856, Australia Selatan menghapuskan persyaratan profesional dan harta serta memberi hak pilih kepada seluruh pria dewasa, kemudian pada 1892 memberi wanita dewasa hak pilih. Pada dasawarsa 1890an koloni-koloni tersebut memberlakukan prinsip satu suara per orang, menghentikan praktik pemungutan suara ganda.
Pemerintah Australia didasarkan pada parlemen yang dipilih secara populer dengan dua majelis: Dewan Perwakilan dan Senat.
Para menteri yang diangkat dari kedua majelis ini menjalankan fungsi eksekutif, dan keputusan kebijakan dibuat dalam rapat-rapat Kabinet. Selain pengumuman keputusan, diskusi Kabinet tidak disebarluaskan. Para menteri terikat oleh prinsip solidaritas Kabinet, yang sangat mencerminkan model Inggris yakni Kabinet bertanggungjawab kepada parlemen.
Walaupun Australia adalah bangsa yang merdeka, Ratu Elizabeth II dari Inggris secara resmi juga merupakan Ratu Australia. Ratu menunjuk Gubernur Jenderal (atas saran dari Pemerintah Australia terpilih) untuk mewakilinya. Gubernur Jenderal memiliki kekuasaan yang luas, tetapi berdasarkan konvensi hanya bertindak atas saran para menteri dalam hampir semua urusan.
Koloni Australia mewarisi tradisi pemilu dari Inggris yang mencakup hak pilih terbatas dan pemungutan suara umum dan ganda. Pelanggaran seperti suap dan intimidasi pemilih mendorong perubahan pemilihan umum. Australia mempelopori reformasi yang menopang praktik pemilu demokrasi modern.
Pada 1855, Victoria memperkenalkan pemilihan umum secara rahasia, yang menjadi terkenal di seluruh dunia sebagai ‘pemilu Australia’. Pada 1856, Australia Selatan menghapuskan persyaratan profesional dan harta serta memberi hak pilih kepada seluruh pria dewasa, kemudian pada 1892 memberi wanita dewasa hak pilih. Pada dasawarsa 1890an koloni-koloni tersebut memberlakukan prinsip satu suara per orang, menghentikan praktik pemungutan suara ganda.
Pemerintah Australia didasarkan pada parlemen yang dipilih secara populer dengan dua majelis: Dewan Perwakilan dan Senat.
Para menteri yang diangkat dari kedua majelis ini menjalankan fungsi eksekutif, dan keputusan kebijakan dibuat dalam rapat-rapat Kabinet. Selain pengumuman keputusan, diskusi Kabinet tidak disebarluaskan. Para menteri terikat oleh prinsip solidaritas Kabinet, yang sangat mencerminkan model Inggris yakni Kabinet bertanggungjawab kepada parlemen.
Walaupun Australia adalah bangsa yang merdeka, Ratu Elizabeth II dari Inggris secara resmi juga merupakan Ratu Australia. Ratu menunjuk Gubernur Jenderal (atas saran dari Pemerintah Australia terpilih) untuk mewakilinya. Gubernur Jenderal memiliki kekuasaan yang luas, tetapi berdasarkan konvensi hanya bertindak atas saran para menteri dalam hampir semua urusan.
UUD tertulis
Seperti
Amerika Serikat namun berbeda dengan Inggris, Australia memiliki undangundang
dasar tertulis. UUD Australia merumuskan tanggung jawab pemerintah federal,
yang mencakup hubungan luar negeri, perdagangan, pertahanan dan imigrasi.
Pemerintah negara bagian dan teritori bertanggungjawab atas semua urusan yang
tidak dilimpahkan kepada Persemakmuran, dan mereka juga mematuhi prinsip
pemerintah yang bertanggungjawab. Di negara bagian, Ratu diwakili oleh seorang
Gubernur untuk setiap negara bagian.
Pengadilan Tinggi Australia menangani sengketa antara Persemakmuran dan negara bagian. Banyak keputusan pengadilan memperluas kekuasaan dan tanggung jawab konstitusional pemerintah federal.
UUD Australia hanya dapat diubah dengan persetujuan pemilih melalui suatu referendum nasional di mana seluruh orang dewasa yang masuk dalam daftar pemilih harus ikut serta.
Rancangan undang-undang yang berisi amandemen pertama-tama harus disahkan oleh kedua majelis parlemen tersebut atau, dalam situasi tertentu saja, hanya oleh salah satu majelis parlemen. Setiap perubahan UUD harus disetujui oleh mayoritas ganda – mayoritas pemilih nasional dan mayoritas pemilih di mayoritas negara bagian (sekurangnya empat dari enam negara bagian). Jika satu atau bebeberapa negara bagian tertentu terkena dampak isi referendum tersebut, mayoritas pemilih di negara-negara bagian tersebut juga harus menyetujui perubahan tersebut. Ini sering disebut dengan kaidah ‘tiga mayoritas’.
Ketentuan mayoritas ganda membuat perubahan UUD menjadi sulit. Sejak federasi berdiri pada 1901, hanya delapan dari 44 usulan amandemen UUD yang disetujui.
Pemilih pada umumnya enggan mendukung apa yang mereka pandang sebagai peningkatan kekuasaan pemerintah federal.
Negara bagian dan teritori juga boleh menyelenggarakan referendum.
Pengadilan Tinggi Australia menangani sengketa antara Persemakmuran dan negara bagian. Banyak keputusan pengadilan memperluas kekuasaan dan tanggung jawab konstitusional pemerintah federal.
UUD Australia hanya dapat diubah dengan persetujuan pemilih melalui suatu referendum nasional di mana seluruh orang dewasa yang masuk dalam daftar pemilih harus ikut serta.
Rancangan undang-undang yang berisi amandemen pertama-tama harus disahkan oleh kedua majelis parlemen tersebut atau, dalam situasi tertentu saja, hanya oleh salah satu majelis parlemen. Setiap perubahan UUD harus disetujui oleh mayoritas ganda – mayoritas pemilih nasional dan mayoritas pemilih di mayoritas negara bagian (sekurangnya empat dari enam negara bagian). Jika satu atau bebeberapa negara bagian tertentu terkena dampak isi referendum tersebut, mayoritas pemilih di negara-negara bagian tersebut juga harus menyetujui perubahan tersebut. Ini sering disebut dengan kaidah ‘tiga mayoritas’.
Ketentuan mayoritas ganda membuat perubahan UUD menjadi sulit. Sejak federasi berdiri pada 1901, hanya delapan dari 44 usulan amandemen UUD yang disetujui.
Pemilih pada umumnya enggan mendukung apa yang mereka pandang sebagai peningkatan kekuasaan pemerintah federal.
Negara bagian dan teritori juga boleh menyelenggarakan referendum.
Kedaulatan parlementer
UUD
Australia menjabarkan kekuasaan pemerintah dalam tiga bagian – legislatif,
eksekutif dan yudikatif – tetapi menegaskan bahwa anggota legislatif harus juga
anggota eksekutif. Pada kenyataannya, parlemen mendelegasikan wewenang
penyusunan undang-undang yang luas kepada eksekutif.
Pemerintah dibentuk di Dewan Perwakilan Rakyat oleh partai yang mampu meraih mayoritas di majelis tersebut.
Partai minoritas seringkali menjadi penyeimbang kekuasaan di Senat, yang berfungsi sebagai majelis kaji ulang keputusan-keputusan pemerintah. Para senator dipilih untuk masa bakti enam tahun, dan dalam satu pemilihan umum biasa hanya separuh senator yang menghadapi pemilih.
Di semua parlemen Australia, pertanyaan dapat diajukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, dan menerapkan giliran yang ketat antara pertanyaan pemerintah dan Oposisi kepada para menteri selama Waktu Tanya- Jawab. Oposisi menggunakan pertanyaan untuk mencecar pemerintah. Pemerintahan memberi kesempatan kepada para menteri untuk menjelaskan kebijakan dan tindakan pemerintah secara positif, atau untuk menyerang Oposisi.
Apa pun yang diucapkan di parlemen dapat disebarluaskan dengan berimbang dan akurat tanpa kekhawatiran akan tuntutan pencemaran nama baik. Keriuhan Waktu Tanya-Jawab dan debat parlemen disiarkan dan diberitakan secara luas. Ini membantu membangun reputasi debat publik yang tangguh di Australia, dan berfungsi sebagai kendali informal atas kekuasaan eksekutif.
Pemerintah dibentuk di Dewan Perwakilan Rakyat oleh partai yang mampu meraih mayoritas di majelis tersebut.
Partai minoritas seringkali menjadi penyeimbang kekuasaan di Senat, yang berfungsi sebagai majelis kaji ulang keputusan-keputusan pemerintah. Para senator dipilih untuk masa bakti enam tahun, dan dalam satu pemilihan umum biasa hanya separuh senator yang menghadapi pemilih.
Di semua parlemen Australia, pertanyaan dapat diajukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, dan menerapkan giliran yang ketat antara pertanyaan pemerintah dan Oposisi kepada para menteri selama Waktu Tanya- Jawab. Oposisi menggunakan pertanyaan untuk mencecar pemerintah. Pemerintahan memberi kesempatan kepada para menteri untuk menjelaskan kebijakan dan tindakan pemerintah secara positif, atau untuk menyerang Oposisi.
Apa pun yang diucapkan di parlemen dapat disebarluaskan dengan berimbang dan akurat tanpa kekhawatiran akan tuntutan pencemaran nama baik. Keriuhan Waktu Tanya-Jawab dan debat parlemen disiarkan dan diberitakan secara luas. Ini membantu membangun reputasi debat publik yang tangguh di Australia, dan berfungsi sebagai kendali informal atas kekuasaan eksekutif.
Kekerapan pemilihan umum
Pemilihan
umum nasional harus diselenggarakan dalam jangka waktu tiga tahun sejak sidang
pertama parlemen federal yang baru. Masa bakti rata-rata parlemen sekitar dua
setengah tahun. Pada praktiknya, pemilihan umum diadakan ketika Gubernur
Jenderal menyetujui permintaan dari Perdana Menteri, yang memilih tanggal
pemilihan umum.
Partai yang berkuasa berganti rata-rata setiap lima tahun sejak federasi berdiri pada 1901, akan tetapi masa bakti pemerintah sangat bervariasi. Partai Liberal memimpin koalisi dengan masa bakti paling lama — 23 tahun — dari 1949 hingga 1972. Sebelum Perang Dunia II, beberapa pemerintahan bertahan kurang dari satu tahun, tetapi sejak 1945 hanya terjadi tujuh kali pergantian pemerintahan.
Partai yang berkuasa berganti rata-rata setiap lima tahun sejak federasi berdiri pada 1901, akan tetapi masa bakti pemerintah sangat bervariasi. Partai Liberal memimpin koalisi dengan masa bakti paling lama — 23 tahun — dari 1949 hingga 1972. Sebelum Perang Dunia II, beberapa pemerintahan bertahan kurang dari satu tahun, tetapi sejak 1945 hanya terjadi tujuh kali pergantian pemerintahan.
Pemungutan suara
Seluruh
warga negara yang berusia di atas 18 tahun wajib memberikan suaranya dalam
pemilihan umum pemerintah federal atau negara bagian, dan kemangkiran dari
pemilu dapat berujung pada denda atau tuntutan pidana.
Partai
Seperti
halnya di negara lain, partai politik Australia dan kegiatan internalnya
umumnya tidak diatur, namun disiplin internal partai sangat ketat. Australia
memiliki sistem resmi pendaftaran partai dan pelaporan kegiatan partai melalui
Komisi Pemilihan Australia dan komisi setara di tingkat negara bagian dan
teritori.
Australia memiliki empat partai politik utama. Partai Buruh Australia (ALP) adalah partai sosial demokrat yang didirikan oleh gerakan buruh Australia. ALP telah berkuasa sejak akhir 2007. Partai Liberal adalah partai sayap kanan tengah. Partai Nasional Australia, sebelumnya Partai Negeri, adalah partai konservatif yang mewakili kepentingan pedesaan. Partai Hijau Australia adalah partai sayap kiri dan lingkungan.
Partai politik utama Australia memiliki tata cara terstruktur untuk melibatkan anggota mereka dalam pengembangan kebijakan partai atas isu tertentu. Politisi terpilih jarang yang menentang partai mereka di parlemen.
Meskipun para komentator Australia mengamati bahwa pemilihan umum semakin bersifat ‘presidensial’ dalam arti beberapa metode kampanye Amerika telah digunakan, struktur dasar sistem Australia cenderung menekankan posisi kebijakan daripada kepribadian perorangan politisi.
Seperti halnya di negara demokrasi lainnya, biaya kampanye pemilu dan sumber dana kegiatan politik menjadi isu di Australia. Sejak 1984, sistem pendanaan publik (dikelola oleh Komisi Pemilihan Umum Australia) dan keterbukaan kampanye pemilihan umum telah diterapkan. Partai harus meraih sedikitnya 4 persen dari suara yang sah dalam pemilihan yang mereka ikuti untuk menerima dana publik.
Partai-partai harus mengungkapkan pengeluaran kampanye dan sumber-sumber sumbangan di atas batas yang sudah ditentukan.
Calon perorangan juga harus mengungkapkan sumber sumbangan di atas batas tertentu. Partai dan perorangan yang mengikuti pemilihan umum tidak secara berturut-turut harus mengungkapkan hadiah dan sumbangan yang diterima di selang kampanye.
Australia memiliki empat partai politik utama. Partai Buruh Australia (ALP) adalah partai sosial demokrat yang didirikan oleh gerakan buruh Australia. ALP telah berkuasa sejak akhir 2007. Partai Liberal adalah partai sayap kanan tengah. Partai Nasional Australia, sebelumnya Partai Negeri, adalah partai konservatif yang mewakili kepentingan pedesaan. Partai Hijau Australia adalah partai sayap kiri dan lingkungan.
Partai politik utama Australia memiliki tata cara terstruktur untuk melibatkan anggota mereka dalam pengembangan kebijakan partai atas isu tertentu. Politisi terpilih jarang yang menentang partai mereka di parlemen.
Meskipun para komentator Australia mengamati bahwa pemilihan umum semakin bersifat ‘presidensial’ dalam arti beberapa metode kampanye Amerika telah digunakan, struktur dasar sistem Australia cenderung menekankan posisi kebijakan daripada kepribadian perorangan politisi.
Seperti halnya di negara demokrasi lainnya, biaya kampanye pemilu dan sumber dana kegiatan politik menjadi isu di Australia. Sejak 1984, sistem pendanaan publik (dikelola oleh Komisi Pemilihan Umum Australia) dan keterbukaan kampanye pemilihan umum telah diterapkan. Partai harus meraih sedikitnya 4 persen dari suara yang sah dalam pemilihan yang mereka ikuti untuk menerima dana publik.
Partai-partai harus mengungkapkan pengeluaran kampanye dan sumber-sumber sumbangan di atas batas yang sudah ditentukan.
Calon perorangan juga harus mengungkapkan sumber sumbangan di atas batas tertentu. Partai dan perorangan yang mengikuti pemilihan umum tidak secara berturut-turut harus mengungkapkan hadiah dan sumbangan yang diterima di selang kampanye.
Hubungan antar tingkattingkat
pemerintahan
Parlemen
negara bagian tunduk kepada UUD nasional dan konstitusi negara bagian. Hukum
federal mengalahkan hukum negara bagian yang tidak selaras dengannya.
Dalam praktiknya, kedua tingkat pemerintahan bekerja sama dalam banyak bidang di mana negara bagian dan teritori secara resmi bertanggungjawab, seperti pendidikan, transportasi, kesehatan dan penegakan hukum. Pajak penghasilan ditetapkan secara federal, dan debat antar tingkat pemerintahan mengenai akses ke penerimaan dan fungsi pengeluaran yang tumpang tindih adalah corak permanen politik Australia. Lembaga pemerintah daerah dibentuk melalui perundang-undangan di tingkat negara bagian dan teritori.
Dewan Pemerintahan Australia (COAG) adalah forum untuk memprakarsai, mengembangkan dan menerapkan reformasi kebijakan nasional yang menuntut tindakan kerja sama antar tiga tingkat pemerintahan: nasional, negara bagian atau teritori, dan daerah. Sasarannya mencakup penanganan isu besar dengan kerja sama dalam reformasi struktural pemerintah dan reformasi untuk mencapai ekonomi nasional yang terintegrasi dan efisien serta pasar tunggal nasional.
COAG terdiri dari perdana menteri, perdana menteri negara bagian, ketua menteri teritori, dan presiden Asosiasi Pemerintah Daerah Australia.
Selain itu, dewan menteri (terdiri dari menteri nasional, negara bagian dan teritori, dan bila relevan, perwakilan pemerintah daerah dan pemerintah Selandia Baru dan Papua Nugini) bertemu secara teratur untuk mengembangkan dan menerapkan tindakan antar-pemerintah di bidang-bidang kebijakan khusus.
Dalam praktiknya, kedua tingkat pemerintahan bekerja sama dalam banyak bidang di mana negara bagian dan teritori secara resmi bertanggungjawab, seperti pendidikan, transportasi, kesehatan dan penegakan hukum. Pajak penghasilan ditetapkan secara federal, dan debat antar tingkat pemerintahan mengenai akses ke penerimaan dan fungsi pengeluaran yang tumpang tindih adalah corak permanen politik Australia. Lembaga pemerintah daerah dibentuk melalui perundang-undangan di tingkat negara bagian dan teritori.
Dewan Pemerintahan Australia (COAG) adalah forum untuk memprakarsai, mengembangkan dan menerapkan reformasi kebijakan nasional yang menuntut tindakan kerja sama antar tiga tingkat pemerintahan: nasional, negara bagian atau teritori, dan daerah. Sasarannya mencakup penanganan isu besar dengan kerja sama dalam reformasi struktural pemerintah dan reformasi untuk mencapai ekonomi nasional yang terintegrasi dan efisien serta pasar tunggal nasional.
COAG terdiri dari perdana menteri, perdana menteri negara bagian, ketua menteri teritori, dan presiden Asosiasi Pemerintah Daerah Australia.
Selain itu, dewan menteri (terdiri dari menteri nasional, negara bagian dan teritori, dan bila relevan, perwakilan pemerintah daerah dan pemerintah Selandia Baru dan Papua Nugini) bertemu secara teratur untuk mengembangkan dan menerapkan tindakan antar-pemerintah di bidang-bidang kebijakan khusus.
Play at Las Vegas' Most Liked Casino - Singapore Online
BalasHapusThe gaming floor at Sands Casino is comprised of 500 slot machines, all designed by legendary Las Vegas casino mogul Steve Wynn. At 싱가포르 마리나 베이 샌즈 카지노 Sands, the casino's
Harrah's Casino and Racetrack | Mapyro
BalasHapus777 Harrahs Boulevard Harrah's 경산 출장안마 Cherokee, NC 28719 - Use this 남원 출장안마 simple form to find hotels, motels, and other lodging 인천광역 출장안마 near the 정읍 출장마사지 Harrah's Casino 동해 출장마사지 and Racetrack in Cherokee,